Inilah Beberapa Manfaat Sumber Daya Tambang, Nomor 1 Bermanfaat Sekali

Benarkah sumber daya tambang memiliki banyak manfaat? Negara Indonesia mempunyai kelebihan karena di negara Indonesia sendiri kaya akan hasil tambangnya, hal ini dikarenakan faktor wilayah Indonesia yang terletak di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Apa artinya data tersebut?

Jadi begini, Indonesia berada di titik pertemuan tiga lempeng litosfer, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Indonesia terletak antara tiga pertemuan lempeng besar, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik.

Dirangkum dari berbagai sumber, lempeng – lempeng tersebut terbentuk dari lempengan muda yang berada di daerah cincin atau yang biasa disebut dengan Pasific Ring of Fire. Banyaknya tumbukan lempeng membuat kandungan minyak bumi, gas, dan logam-logam berharga berlimpah di dalamnya. Nah, sekarang sudah paham kan?

Oleh karena itu, sumber daya tambang jika dimanfaatkan dengan baik dapat memberikan nilai positif untuk negara. Dilansir dari agincourtresources, berikut adalah rangkuman tentang manfaat sumber daya tambang untuk negara dan masyarakat sekitar.

1. Sumber Lapangan Kerja

Dengan banyaknya perusahaan pertambangan yang tersebar di Indonesia, otomatis akan memerlukan tenaga manusia. Hal ini tentu menjadi nilai positif membuka kesempatan sumber lapangan kerja. Dan pastinya semakin banyak lapangan kerja.

2. Meningkatkan Kemajuan Transportasi dan Komunikasi

Pertambangan biasanya dilakukan pada lokasi yang terpencil. Lokasi-lokasi yang terpencil biasanya minim akses transportasi dan komunikasi. Dengan adanya kegiatan pertambangan membuat akses transportasi menjadi maju, karena jalanan yang diperlukan untuk akses menambang membutuhkan lebih dari satu jalan agar lancar. Sehingga, banyak jalan yang akan dibuka dan membuat masyarakat di sekitar pertambangan memiliki banyak akses jalan menuju ke daerah pusat.

Selain transportasi, kegiatan pertambangan juga dapat meningkatkan komunikasi. Banyaknya pekerja dan kegiatan untuk berkomunikasi di pertambangan juga mendorong pemilik perusahaan tambang ataupun operator untuk mendirikan tower sinyal di sekitar lokasi agar komunikasi berjalan lancar. Hal ini memberikan dampak yang positif untuk masyarakat sekitar.

3. Meningkatkan Pendapatan Daerah dan Negara

Manfaat sumber daya tambang bagi Indonesia lainnya adalah meningkatkan pendapatan. Pertambangan memberikan devisa terbesar bagi negara. Selain itu, pengolah hasil kekayaan alam berupa tambang membuat perekonomian di sekitar lokasi pertambangan lebih maju. Masyarakat juga dapat mendirikan berbagai usaha disekitarnya seperti warung, tambal ban dan sebagainya.

4. Meningkatkan Kesadaran untuk Menjaga Lingkungan

Pasca kegiatan pertambangan biasanya membuat lingkungan sekitar tercemar. Pencemaran tersebut membuat warga sekitar menjadi lebih peduli dan terdorong untuk mengembalikan lingkungan menjadi hijau. Warga akan lebih sensitif dan peka terhadap aksi pencemaran lingkungan, sehingga hal ini berdampak positif untuk kedepannya.

Biasanya pertambangan dilakukan dengan mengebor tanah hingga ke dalam lapisan mantel bumi. Kegiatan ini pasti memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat sekitar. Namun, hal tersebut juga banyak memberikan manfaat bagi kebutuhan masyarakat dan negara. Tentunya dalam proses tersebut perlu diadakan upaya untuk mengurangi pencemaran dan dampak buruk lainnya.

Jadi intinya adalah banyak sekali manfaat dari sumber daya tambang untuk negara maupun masyarakat sekitar. Nah, itu dia ulasan singkat tentang manfaat sumber daya tambang. Bagaimana tentang ulasan manfaat sumber daya tambang tersebut? Jika bermanfaat mohon untuk dibagikan ya sobat.

Baca juga: